Sejarah PG-PAUD

Sejarah Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) FKIP UNSRI

Pada tahun 2000 berdirilah D-II PGTK dibawah naungan FKIP UNSRI dengan jumlah mahasiswa sebanyak 25 orang yang terdiri dari para guru TK di lingkungan sumatera selatan. Program  D-II PGTK yang memiliki beban studi sebanyak 72 sks  yang ditempuh selama 2 tahun. D-II PGTK pertama kali diketua oleh Dra. Syafdaningsih, M.Pd.  Dan tahun 2009 dilanjutkan dengan Dra. Hasmalena, M.Pd. Program ini berlangsung selama lebih kurang 10 tahun.

Tahun 2010 ketua program studi yaitu Dra. Masitoh, M.Pd. Pada masa jabatan beliau tepatnya pada tahun 2011 dibukalah program S-1 PAUD yang mempunyai 1 kelas yang terdiri dari 42 orang mahasiswa dengan beban studi sebanyak 144 sks yang ditempuh selama 4 tahun. Semenjak tahun 2012 – sekarang program studi PG-PAUD memilki 2 kelas yang teridir dari kelas indralaya dan kelas palembang yang memiliki daya tampung sebanyak 70 orang per angkatan. Seleksi masuk program studi PG-PAUD memiliki 3 jalur yaitu pertama jalur SNMPTN (seleksi nasional mahasiswa perguruan tinggi negri), kedua jalur SBMPTN (seleksi bersama mahasiswa perguruan tinggi negeri) dan yang terakhir jalur USM. Pada tahun 2014 – sekarang ketua program studi PG-PAUD dijabat oleh Dra. Syafdahningsih M.Pd.

Jumlah dosen program studi PG-PAUD ada 8 orang dengan kualifikasi Strata Tiga  sebanyak 2 orang dan Magister sebanyak 6 orang. Sarana dan prasarana yang dimiliki oleh prodi PG-PAUD meliputi

1.      Ruang kuliah ber-ac

2.      Perpustakaan/ruang baca

3.      Digital library

4.      Laboraturium tari

5.      Laboraturium tumbuh kembang anak

6.      Laboraturium matematika dan sains aud

7.      Bekel kerja

8.      Aula/ruang serba guna

9.      Klinik kesehatan

10.  Kafetaria

11.  Mushola

Untuk meningkatkan mutu lulusan PS PG-PAUD bekerja sama dengan berbagai lembaga PAUD formal dan non formal di wilayah palembang dan indralaya, ogan ilir. Program pembelajaran yang diajarkan berbasis elearning, tatap muka, dan praktek langsung.

Adapun himpunan yang menjadi wadah untuk mengumpulkan informasi dan mengembangkan potensi alumni dan mahasiswa PG-PAUD yaitu hmpaud (himpunan mahasiwa pendidikan anak usia dini) di bawah naungan program studi PG-PAUD FKIP UNSRI.