Media Pembelajaran Interaktif untuk Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun

Latar Belakang Pembuatan Media Interaktif

Membaca sangat penting dimiliki anak-anak, dengan membaca anak dapat mengembangkan imajinasi dan memberikan rangsangan bagi perkembangan bahasa anak, membaca dapat menambah kosa kata yang dimiliki oleh anak, dan dapat meningkatkan wawasan bagi anak. Menurut Durkin dalam Dhieni (2014: 5.3) telah mengadakan penelitian tentang pengaruh membaca dini pada anak-anak. Dia menyimpulkan bahwa tidak ada efek negatif pada anak-anak dari membaca dini. Anak-anak yang telah diajar membaca sebelum masuk SD pada umumnya lebih maju di sekolah dari anak-anak yang belum pernah memperoleh membaca dini. Dalam menyampaikan bahan atau materi pelajaran hendaknya guru menggunakanmediapembelajaran. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen proses pembelajaran yang memiliki peranan sangat penting dalam menunjang keberhasilan proses belajar mengajar.

 

Semakinberkembangnya teknologi maka media pembelajaran dapat dibuat lebih interaktif, menarik, dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir anak serta dapat membantu guru dalam mengatasi tipe gaya belajar anak yang beraneka ragam. Menurut Seel & Glasgow dalam Arsyad (2014: 3) media pembelajaran interaktif adalah suatu sistem penyampaian pengajaran yang menyajikan materi video rekaman dengan pengendalian komputer kepada penonoton yang tidak hanya mendengar dan melihat video dan suara, tetapi juga memberikan respon yang aktif dan respon itu yang menentukan kecepatan dan sekuensi penyajian. Oleh karena itu, dibuatlah “Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS6 untuk Membaca Permulaan Anak Usia 5 – 6 Tahun”.

Media ini memuat tentang pengenalan huruf vokal dan dan konsonan, menyusun huruf menjadi sebuah kata, menghubungkan bunyi dengan maknanya dan memilih kata dengan huruf awalan yang sama.

untuk mendownload media pembelajaran interaktif, silakan klik link di bawah ini:

/userfiles/file/media baru(1).swf

untuk melihat media pembelajaran interaktif, tekan tombol play pada video di bawah ini:

 

Send Your Comment:

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion